Resume pertemuan ke-19
Rabu, 29 Juni 2022
Pertemuan ke-19
Pelatihan Menulis PGRI
Narasumber : Agus Subardana
Moderator : Sigit Purwo Nugroho
Bismillahirrahmaanirrahiim..
Assalamualaikum wr.wb
Salam blogger mania🙂
"Seorang penulis juga perlu memiliki pemahaman tentang pemasaran buku yang efektif, dengan cara memetakan buah pemikirannya agar sampai pada hati pembacanya".
Pada pertemuan malam ini, kita akan belajar mengenai Pemasaran Buku yang akan dipandu oleh Bapak Sigit Purwo Nugroho, dengan nara sumber yang luar biasa Bapak Agus Subardana, S.E., M.M. Beliau adalah seorang Direktur Marketing Penerbit Andi Offset.
Selama kurang lebih 2 tahun dari awal Maret 2020 sampai awal Maret 2022, adanya pandemi corona menyebabkan perekonomian terguncang, banyak penerbit yang berhenti beroperasional karena kehilangan pasarnya, terjadi penurunan omset di toko buku 60%-90%. Tim marketing yang door to door ke setiap sekolah dan perguruan tinggipun mengalami kesulitan bertemu atau bertatap muka sehingga terjadi penurunan pembelian buku di sekolah-sekolah ataupun di perguruan tunggu. Namun alhamdulillah 2 bulan terakhir ini, telah terjadi kenaikan penjualan buku 30% ke atas di toko-toko buku.
Hal ini tidak terlepas dari strategi pemasaran buku sehingga penjualan buku dapat dimaksimalkan.
Strategi Pemasaran Buku
Stategi pemasaran buku pada umumnya dipengaruhi oleh faktor berikut
1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonomi,politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Berdasarkan faktor–faktor tersebut, terdapat dua strategi pemasaran buku, yaitu :
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
1. Pentingnya Transformasi Digital Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar , kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.
2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik .
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM, dll).
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya dan Supervisor .
Contoh display buku dan promo
Program promo yang akan berlangsung di Gramedia
2. Directselling
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten. Penerbit ANDI Offset mempunya 96 Cabang di Indonesia dari Aceh s.d Jayapura.
Demikianlah penjelasan mengenai materi pemasaran buku dan ditutup dengan pernyataan "Marilah terus berkarya lewat tulisan yg dapat memberikan kebaikan kepada masyarakat"... Aamiin
Wassalamualaikum wr.wb
Resumenya mantap...salam literasi...
BalasHapusTrmksih bu elmi
HapusAkhirnya kembali mengunjungi blog bu ulfa yang komplit bin menarik
BalasHapusTrimaksih dek yandri sudah mengunjungi😊
HapusResumenya paket lengkap, enak dibaca n tampilannya aku suka
BalasHapusTrimakasih bu Ros sudi mampir di blog saya
HapusBungkus buku Solonya ya....dan siap pasarkan baik online atau offline
BalasHapusresumenya mantul dan cantik tampilannya bu Ulfa...
BalasHapus